Minggu, 23 Oktober 2011

Cara Mengusir Hama Burung di Sawah Saat Panen Dengan Kaset CD

Burung, menjadi musuh petani saat musim panen. Mengapa? Hal ini dikarenakan burung akan memakan hasil padi yang akan dipanen para petani. Burung yang sering menjadi masalah saat penen antara lain adalah burung pipit dan manyar. Kedua jenis burung ini saat melakukan aksinya, selalu membawa gerombolan dari puluhan hingga ribuan (kalau sawahnya luas). Akibat dari serangan ini, petani bisa mengalami gagal panen ataupun kehilangan hasil panen. Kebanyakan hama burung beraksi pada pagi dan sore hari.

Dikalangan para petani ada beberapa metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini. Antara lain membuat orang-orangan, umbul-umbul, membunyikan kaleng, memasang plastik kresek, ketapel dan bahkan ada yang menggunaka senapan angin. Di sini saya akan membagi sedikit pengalaman yang saya dapatkan dari petani di negara China. Para petani disana menggunakan kepingan CD ataupun DVD yang sudah tidak tepakai lagi untuk mengusir kawanan burung pipit. Bagaimana caranya?

1. Mereka menancapkan kayu dengan diameter ±5cm dan ±15cm lebih tinggi dari batang padi. Di sekeliling sawah dan di tengah-tengah sawah, ±30 tiang
2. Diatas tiang tersebut mereka memasang kepingan CD ataupun DVD, dengan bagian yang bisa memantulkan cahaya menghadap matahari.
3. Di sudut sawah kepingan CD atau DVD bagian yang dapat memantulkan cahaya dipasang dengan posisi miring 45 ° menghadap sawah.
Cara kerjanya adalah, kepingan CD atau DVD tersebut akan memmantulkan cahaya dari matahari sehinga penglihatan burung-burung akan terganggu karena terkena pantulan sinar matahari. Dan burung-burung pun tidak dapat mendarat.

Cara ini telah terbukti di negara China, dan dapat membantu para petani.
Selain murah dan ramah lingkungan, cara ini tidak perlu melibatkan para petani untuk menjaga sawahnya.



semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. salam...
    wah ide bagus tuh....!
    tapi ada tidak cara lain yng digunakan untuk mengusir burung tu mas??? misalnya dengan alat elektronika atau instrumentasi....

    BalasHapus
  2. cara menanggulangi hama burung pipit dan sejenisnya menggunakan ramuan tradisional, tanpa efek samping, tanpa di jaga, tanpa alat, tanpa bayar mahal dsb…silahkan kunjungi…
    http://healdiabet.blogspot.co.id/2016/05/cara-penanggulangan-hama-burung-pipit.html

    BalasHapus
  3. T-Mar’S merupakan produk obat pertanian yang di khususkan untuk menanggulangi hama burung. Hama burung merupakan salah satu hama yang bisa menurunkan tingkat produktifitas tanaman petani. Selama ini metode atau cara yang di gunakan petani beragam untuk menanggulangi hama burung. Mulai dari pemasangan untaian tali yang di gerakkan serta benda-benda yang menimbulkan bunyi bising, atau pemasangan plastik di seanjang area persawahan, pemasangan jaring untuk menutupi area padi. Dari kesemuanya itu tentu tidak sedikit biaya dan wkt yang di keluarkan oleh petani.

    T-Mar’S adalah ramuan tradisional alami yang penerapannya sdh teruji sangat efektif menanggulangi hama burung semenjak tahun 1994 sampai sekarang.

    Apa keunggulan dari T-Mar’S?
    -biaya yang di keluarkan cukup murah
    -waktu yang relatif singkat untuk aplikasi
    -pemakaian hanya sekali
    -tidak menggunakan bahan kimia berbahaya & sejenisnya.

    Bagaimana Cara aplikasinya?
    Aplikasi dilakukan sesaat sebelum benih padi di tabur/di semai, atau setelah di angkat dr perendaman kemudian di campur dengan benih hingga merata.
    perbandingan 200gr T-Mar'S di campur 20kg benih.

    Bagaimana cara kerja T-Mar'S?
    T-Mar'S bersifat imunitas pada tanaman padi yang melekat semenjak padi di tabur hingga panen. Zat-zat yang terkandung di dlm T-Mar'S akan bersingkronisasi terhadap tanaman padi hingga padi mengeluarkan zat beracun yang aromanya tdk di sukai burung (detoksifikasi). Dimana zat-zat yang terkandung dalam T-Mar'S berasal dr rempah-rempah yg kita konsumsi tiap hari.

    Apakah T-Mar'S tdk mempengaruhi aroma & rasa pada beras?
    jawabannya sama sekali tidak. karen bahan T-Mar'S 85% adalah bahan rempah yang kita konsumsi tiap hari. jadi aroma dan rasa beras tetap tergantung dari kualitas padi itu sendiri.

    Apa saja bahan yang terdapat dlm T-Mar'S?
    Bawang putih => mengandung minyak atsiri
    Kemiri => mengandung asam linoleat
    Jeringau => mengandung kalamediol
    Kunyit => Mengandung sesquiterpen
    Jambu biji => mengandung magnesium
    Daun jambu biji=> mengandung Astrigent
    daun jarak=> mengandung kaemfesterol
    Buah jarak=> Mengandung glukanase
    Daun srikaya=> mengandung minyak esensial
    Buah srikaya=> mengandung kilokalori

    Dimana bisa mendapatkan T-Mar'S?
    Anda bisa menghubungi Tlp/BBM kami:
    Hp: 087 786 666 123
    081 337 666 123
    BBM: 5FD1906D

    atau bisa jg mengunjungi lapak kami:

    https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/berkebun/1lyizj-jual-t-mar-s-obat-hama-burung?from=omnisearch&search_source=omnisearch_history
    ATAU...
    https://www.tokopedia.com/jayatan/t-mars-obat-ampuh-menanggulangi-hama-burung

    BalasHapus